SMA Negeri 1 Purbalingga Mengusung Tema “Stop Bullying” sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

SMA Negeri 1 Purbalingga Mengusung Tema “Stop Bullying” sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

by Admin Meiseti Awan -
Number of replies: 0

Purbalingga – Dalam pelaksanaan Projek Pengutan Profil Pelajar Pancasila (P5) pertama untuk kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga mengangkat tema “Bangun lah Jiwa dan Raganya”. Projek ini dikemas dalam bentuk film pendek dengan sub tema “Hidup Berdampingan Saling Berpegangan” yang berfokus pada konsep “Stop Bullying”. Projek ini dimulai pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023. 

Kegiatan ini dimulai dengan pembagian kelompok pada tiap-tiap kelas yang dipandu oleh pendamping kelas. Dalam pembuatan film pendek ini setiap kelas dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing anggotanya memiliki peranan tersendiri. Kemudian diwajibkan pula untuk membuat judul dan alur mengenai film pendek yang akan dibuat.

Pada saat pembuatan alur cerita para siswa terlihat  antusias dan banyak sekali pemikiran serta ide kreatif yang tertuang. “Anak-anak terlihat sangat antusias, terlebih saat mencari referensi untuk diangkat dalam pembuatan film pendek supaya video mereka bisa menginspirasi teman-teman yang lain supaya tidak lagi ada pembullyan di sekolahan atau menggerakkan anak-anak yang tadinya sudah pernah di-bully bisa bangkit.” Ujar Ibu Mita selaku salah satu guru pendamping kelas X SMA N 1 Purbalingga.

fkrnPbts3x_3WOOxZhhI0Mo77jSOR3JYt9KJAuX0X7lZivcoJcVfvsvLq_jUiiUJC6PIVkQ9bQDYkXV7ZSUyxKIB-D4sNspQjzG5oPA7PmCvT1rgpJhg4JKTBZiydK7d5RStIRtGlLJYetTwAJoZVg

“Rasaya seneng, antusias, kaget juga karena kegiatannya banyak banget, tapi rasanya juga seneng karena kegiatannya asik-asik.” Ujar dari salah satu peserta P5 kelas X, Yahya Novendi.

Para siswa menyambut kegiatan ini dengan rasa bersemangat, gembira dan antusias. Sementara itu, dengan rasa antusiasme yang tinggi ini dapat dikatakan bahwa mereka  telah menyadari  pentingnya mencegah bullying dan hal tersebut merupakan tidakan yang salah dan tidak pantas dilakukan.

Dengan demikian , adanya kegiatan P5 khususnya dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” yang terfokus pada gerakan “Stop Bullying” diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh  siswa  SMA Negeri 1 Purbalingga  akan bahayanya perilaku bullying serta membangun kesadaran terhadap dampak buruk yang timbul dari adanya perilaku bullying. (Hafshah/Jurnalis P5)