Begini Tanggapan Siswa Kelas XI SMAN 1 Purbalingga terhadap Demokrasi

Begini Tanggapan Siswa Kelas XI SMAN 1 Purbalingga terhadap Demokrasi

by Admin Meiseti Awan -
Number of replies: 0

CF29kLTIyoavZrABWXqi7xivBc7vQNlyNcbStBNMqh4TsTX-0lXxRR6A8qyhT-KQZOHR5IPJAtiAZxCZc3dfZicmxQJlID1CyoMVCwPHSK41YpaVH8RVUcyXIYtffgYAoO62qMa-rRBxbl6ZIef2kg

Peserta P5 kelas XI-A1 (Foto: Digdaya Abi Nadzar)

Purbalingga  – SMAN 1 Purbalingga mulai melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada hari Senin, 28 Agustus 2023. Tema yang digunakan pada P5 kali ini untuk kelas XI adalah “Suara Demokrasi” dengan sub tema “Suaramu Bagian Dari Hidup Negerimu”. Teknis yang akan dilaksanakan yaitu para siswa kelas XI diberi tugas untuk berperan sebagai tim sukses (timses) para calon ketua osis yang telah ditentukan.

Tema demokrasi pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para siswa atau peserta P5, akan tetapi tugas yang diberikan pada P5 ini merupakan  hal yang baru.

“Menurut saya tema demokrasi ini merupakan sesuatu yang baru, ya, karena terakhir kali saya melakukan demokrasi itu ‘kan saat pemilihan ketua osis dulu itu, karena sekarang jadi seperti kita dibuat ikut mendukung (sebagai timses), jadi terlibat (lebih lanjut) gitu,” ujar Muhammad Firdzan Sanjaya yang merupakan salah satu peserta P5 kelas XI.

  Selain itu, peserta P5 juga beranggapan mendekatnya waktu pemilu 2024 membuat tema P5 kali ini sangat tepat karena banyak juga siswa yang sudah bisa ikut menyumbangkan suaranya pada pemilu tahun depan. Sehingga, P5 kali ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran agar dapat berdemokrasi dengan baik pada pemilu nasional.

“Nanti pas tahun 2024 itu kan ada pemilihan presiden itu pasti sangat terhubung (berhubungan}, jadi saya merasa sangat semangat dan excited sekali,” ucap salah satu peserta P5, Alifa Alkhumaidah.

P5 yang dilaksanakan kali ini juga dapat memupuk rasa nasionalisme para peserta P5 karena sangat terlihat rasa semangat mereka dalam mengikuti projek bertema demokrasi ini. Banyak yang sudah mempersiapkan banyak hal agar projek dapat berjalan lancar dan pesta demokrasi di sekolah dapat menjadi contoh nyata bagaimana demokrasi seharusnya dilaksanakan. (Rahma Aulia/Jurnalis P5)