SMA NEGERI 1 PURBALINGGA MEMPERSEMBAHKAN GERAKAN LAGU PELAJAR PANCASILA 

SMA NEGERI 1 PURBALINGGA MEMPERSEMBAHKAN GERAKAN LAGU PELAJAR PANCASILA 

by Admin Meiseti Awan -
Number of replies: 0

2BRQx0fF3tZzZjXVPWiY_WV4yr1ViUZ-H0zNf8chxNj5zTmRna-vXNJkpFBCKESgCftNFM3HZWBmv2_hBYQkry8rNjZK3DdQRaivtkV3ev92iVo3NvmItTzzVTDlxCvQa2IGwy07N06W

PURBALINGGA — Selasa, (29/08/2023), merupakan hari pembukaan Projek Pelajar Pancasila bagi kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Purbalingga. Dalam pembukaan P5 kali ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Bapak Sigit Adi P, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Kurikulum SMA Negeri 1 Purbalingga, pembukaan resmi oleh Ibu Chusnul Muftiati, S.Pd. dan ditutup dengan melakukan gerakan Pelajar Pancasila.

Gerakan Pelajar Pancasila merupakan suatu bentuk upaya sekolah dalam memeriahkan P5 kali ini. Ibu Gita Eptika P., S.Pd. mengatakan sekolah ingin menampilkan sesuatu yang terbaru dan mencoba untuk membangun rasa empati yang besar terhadap siswa terkait projek pelajar Pancasila, dimana mengapa mereka harus melaksanakan projek p5 serta bisa lebih memaknai proses projek P5 demi menampilkan inovasi yang terbaru.

Selama satu bulan lamanya, Andika Syahrillah Al Ghifari mencari referensi dibuatnya gerakan pelajar Pancasila. Referensi-referensi yang telah ia temukan dikembangkan kembali dengan memasukkan unsur seni tari dan bela diri. Tanpa menyamping makna dari setiap baris lagu, Andika melandaskan lirik lagu Pelajar Pancasila sebagai dasar ia membuat gerakan tersebut.

Kesulitan tidak luput dari jangkauan Andika. Ia mengatakan bahwa mempermudah gerakan demi gerakan agar bisa dilakukan oleh seluruh kalangan, dari anak muda hingga para guru. Selain itu, dalam hal dokumentasi yang dibantu tiga teman Andika supaya dapat di share ke seluruh warga sekolah tentunya perlu waktu untuk menghafal dengan sempurna. 

Dalam pembuatannya Andika didampingi oleh Bu Gita selaku guru seni SMA Negeri 1 Purbalingga. Demi mewujudkan tampilan yang baru dan pelajar yang kreatif serta mampu memodifikasi dan orisinal yang dapat bermanfaat dan berdampak. “saya tentunya sangat bangga melihat gerakan ini bisa dilakukan oleh warga kelas X dan XI SMA Negeri 1 Purbalingga,” Ujar Ibu Gita. (Luna/Jurnalis P5)